Jumat, 27 Juli 2012

Bagian Drum


                    Sebelum mempelajari teori drumming, kita perlu mengetahui bagian-bagian dari drum kit. Gambar berikut ini menunjukkan posisi dan nama bagian-bagian dari sebuah drum.




           
 Foto: drumnuts.com




1. Snare Drum

          Snare drum merupakan salah satu bagian utama dari drum yang menghasilkan suara yang tajam. Sebuah snare drum biasanya ditempatkan di antara lutut kaki pemain. cara memainkan sebuah snare drum adalah dengan memukulkan stick ke head atas snare drum. 



Foto: zzounds.com

2. Bass Drum

          Sebuah bass drum dimainkan oleh pedal yang dioperasikan oleh kaki kanan. Bass drum menghasilkan suara yang besar dan bernada paling rendah di banding bagian drum lainnya.




Foto: jazztimes.com

3. Hi-hat

         Hi-hat terdiri dari dua buah piringan yang berada di sebelah kiri pemain. Piringan ini yang menghasilkan sebuah buyi pada hi-hat. Cara memainkan sebuah hi-hat adalah dengan menginjakkan kaki kiri pada pedal hi-hat atau memukulkan stick pada piringan hi-hat.


Foto: musiciansfriend.com

4. Cymbal

          Cymbal menghasilkan suara yang nyaring, posisinya berada di sebelah kanan dan kiri drum set. Memukul cymbal sering kali disertai dengan injakkan pedal bass agar menghasilkan efek yang mendukung stroke pada saat suara vokal masuk atau pada saat klimaks.




Foto: jazzdrummerworld.com

5. Tom-tom

          Pada drum standar four-piece terdapat 3 tom-tom yang terdiri dari berbagai macam ukuran. Ukuran yang kecil disebut small tom dan yang besar disebut floor tom. Suara yang dihasilkan small tom lebih tinggi daripada floor tom. 




Foto: music123.com


6. Stick

          Stick merupakan alat pukul pada drum yang umumnya terbuat dari kayu. Stick drum digunakan untuk memukul bagian-bagian drum supaya menghasilkan suara yang bervariasi. Stick mempunyai berbagai ukuran, antara lain 7A, 7B, 7N, 5A, 5B, 4B dll. Angka lebih tinggi menunjukkan stick yang lebih ringan. Huruf A menunjukkan stick terbuat dari kayu, huruf N menunjukkan stick terbuat dari nilon dan huruf B menunjukkan stick terbuat dari kayu dengan ujung lebih pendek dan bulat dari pada A. Stick 7A biasa digunakan untuk memainkan musik jazz karena bobotnya yang ringan sedangkan stick 5B biasa digunakan untuk memainkan musik Rock karena bobotnya yang berat.   




Foto: thomann.de

Tidak ada komentar:

Posting Komentar